Tuesday, May 5, 2020

[Random] Aku dan Pekerjaanku


Bulan Oktober kemarin tuh aku akhirnya beneran kerja. Kerjanya jadi anak kasir. Agak kaget gitu sih, masa sekolah tinggi-tinggi plus susah-susah pas skripsian, ujung-ujungnya jadi kasir? Tapi aku mikirnya, yaudah lah. Kerja aja setahun dulu, nanti lewat setahun, kalau kontrak diperpanjang, aku mulai cari-cari kerjaan lain. Anggep aja pengalaman. Karena aku sejak dulu tuh udah diajarin sama mamaku. Jangan pernah nyepelein kerjaan segampang apa pun, karena kita nggak tahu apa yang bakalan kita dapet dari kerjaan yang kita anggep sepele itu.

Nah, aku kerjanya di salah satu apartemen di Surabaya, aku nggak mau nyebut merk ya. Kerjaanku tuh sebenernya simpel banget, terima pembayaran dari penghuni dan nyatet pembayaran itu ke bentuk excelannya. Pembayarannya itu bisa apa aja, mulai dari pembayaran air listrik sampe ke pembayaran langganan parkir gitu. Masuk kerja jam delapan, pulang jam empat sore. Makan siang, dapet dari kantor. Enak kan kerjanya? Enak banget. Pulang pasti teng go, nggak ada yang namanya lembur-lembur nggak jelas gitu.

Selain itu, suasana kerja di sana juga enak. Temen-temennya seru-seru semua, bisa diajak bercanda, nggak kaku gitulah. Tempat kerja idaman kayaknya ya? Tapi jangan salah. Kerja di sana tuh juga dituntut untuk tahan mental! Kok bisa?

Jadi, waktu awal aku kerja di sana, semuanya tuh mulus, normal. Nggak ada masalah apa-apa, sampai ada yang dateng, ngebahas tunggakan. Karena aku anak baru, jadilah masalah ini dihandle sama temen kasirku yang kerjanya udah cukup lama di sana. Nah, masalahnya, mereka itu kalau protes sama marah-marah tuh sampe gebrak-gebrakin meja gitu. Nggak cuma itu aja, bahkan sampe ngancem-ngancem bawa masalah ini ke pengadilan. Aku yang masih pupuk bawang kan kaget tuh. Emang masalahnya sampe serumit apa sih? Udah pake gebrak-gebrak meja, mana pas gebrakinnya agak keras juga, sampe penging gitu telingaku. Mana ancemannya mau dibawa ke pengadilan juga.

Ternyata, memang penghuni di sana tuh suka begitu. Kalo marah, sampe gebrakin meja, kalo nggak gitu, ngancem-ngancem. Bahkan anak-anak di sana tuh udah kayak kebal gitu lah kalo diancem begitu. Selain itu, masalahnya nggak cuma pekara tunggakan yang sebenernya kesalahan penghuni. Kadang penghuni ini memang suka cari gara-gara. Udah diperingatin beberapa kali, masih juga dilakuin hal yang sama. Misalnya nih, kalau untuk pembayaran langganan parkir kan memang udah nggak bisa transfer, karena penghuninya sendiri tuh suka curang gitu, bilangnya udah transfer, padahal belum, atau udah transfer, ternyata itu bukti pembayaran bulan-bulan kemarin. Memang itu salahnya manajemen juga, kurang ketat untuk ngecekin hal-hal yang begituan sih. Nah, penghuni sendiri, kalau udah terlajur transfer, pasti langsung disuruh untuk bikin surat pernyataan pengembalian dana, karena pihak manajemen kan udah nggak mau tuh terima uang transferannya. Gitu aja, protes sama ngomelnya tuh sampe marah-marah kayak pihak manajemen tuh salah banget. Padahal kan memang prosedurnya begitu. Kalo udah ngomong prosedur bisa apa to? Masa iya mau nggak dijalanin? Memangnya ikhlas kalo duitnya nggak balik?

Ya memang tingkahnya penghuni ini tuh lucu-lucu gitu. Ada aja yang dicommentin mereka tentang kelemahan atau kekurangannya kita. Tapi kadang juga kita yang bete sama tingkahnya mereka. Sering banget mereka bilang, "Kalian itu sayang banget masih muda udah kerja di sini, kerja di kantor yang begini. Harusnya kalian keluar aja." Kan memang kalo ngomong tuh gampang banget. Masalahnya, tau sendiri kan, gimana susahnya cari kerja? Kalo memang cari kerja segampang itu, dan bisa milih di perusahaan mana, toh nggak banyak yang jadi pengangguran kan?

Jadi ya gitu deh, namanya juga kerjaan, nggak ada yang bisa 100% enak. Karena kalo mau 100% enak, kerja aja sendiri atau nggak usah kerja. Hihi.. Meskipun kerja sendiri, awalnya juga pasti nggak enak-enak amat to? Harus ngerintis semuanya dari awal, belum kendala-kendalanya yang berat.

Sekian ceritaku sama penghuniku! See you next post!

No comments:

Post a Comment

[Saying] Pengennya Sih Nikah Muda...

Hula guys! It's been a months aku nggak update di sini lagi. Huhu.. Padahal ide tuh ada, tapi ya dasar akunya aja yang mal...