Saturday, May 9, 2020

[Tips] Katanya Nabung itu Susah, Emang Iya?


Hai! Kali ini aku mau sharing, dan kayaknya ini satu-satunya postinganku yang paling bener selain review deh! Hahaha.. Oke, kali ini aku mau bahas tentang nabung, yang menurut orang-orang di sekitarku tuh susah banget. Berat lah intinya. Kayak beban hidup! Padahal sebenernya tuh enggak. Cuma balik aja ke NIAT. Kenapa niat? Karena, segala sesuatu, mau persoalan sulit atau mudah tuh balik lagi ke niat. Kalau udah nggak niat, mau hal yang gampang juga tetep aja, susah!

Sebenernya, prinsip nabung itu gampang. Selain niat, kita juga perlu tau mana hal yang penting dan enggak menurut kita. Taunya dari mana? Ya prioritas aja. Mana yang lebih penting? Beneran penting, atau cuma laper mata aja? Aku bakalan kasih tau tips and trick menabungku selama ini.

1. List Pengeluaran
    Yang pertama, setiap bulan, aku selalu bikin list apa-apa aja yang kira-kira jadi pengeluaranku bulan depan. Semua kucatetin, mulai dari isi bensin, beli novel, sampe rencana beliin kado buat temenku atau keluargaku. Biasanya, pengeluaran bulan ini juga kucatet. Catet sampe mendetil ya. Biar pekara seribu dua ribu buat bayar parkir tetep dicatet juga. Biar kita ngerti pengeluarannya apa aja.
 
2. Bikin Pos-Pos Pengeluaran
    Selanjutnya, aku bakalan ngomongin waktu habis terima uang jajan atau gaji ya. Biasanya, aku langsung pisahin, mana yang bakalan kupake buat uang jajan, mana yang bakalan kutabung. Dan biasanya juga, uang yang bakalan kutabung lebih dari 50% uang jajanku. Misalnya nih, uang jajanku Rp 1.000.000 (satu juta rupiah), begitu terima uang, Rp 550.000 (lima ratus lima puluh ribu)nya langsung aku tabung. Aku masukin di dompet yang lain, khusus untuk tabungan. Sisanya, aku bagi lagi sesuai list yang udah kubuat. Dari uang Rp 450.000 (empat ratus lima puluh ribu) ini, aku bagi-bagi lagi, mulai dari isi bensin sampe nabung untuk beli kado. Jadi, uang yang bener-bener murni kupake buat uang jajan tuh sekitar Rp 200.000-250.000

   Kalo ditanya, kok sedikit banget? Iya, memang sengaja aku sedikitin. Biar nggak gampang laper mata. Karena aku tuh tipikal orang yang mikirnya gini, "Oh, masih ada uang di dompet, masih bisa beli ini itu dan sebagainya." Makanya, aku nggak mau naruh uang banyak-banyak. Aku juga masih jajan kok, sama kayak kalian. Nah, masalahnya, hal kayak begini, nggak bisa disamain sama yang lain. Kan bisa aja, ada di antara kalian tuh anak kos, anak perantauan yang butuh uang lebih banyak daripada aku. Aku sendiri, jujur aja, masih tinggal sama orangtua, jadi semuanya masih bisa ngirit, mulai dari makan sampe bayar air listrik.

Sebenernya bisa aja sih prinsipku ini dipake sama kalian yang anak kos, asal kalian ada NIAT dan MAU IRIT. Dua hal ini yang menurutku masih susah. Mungkin niatnya ada, tapi kalian kebanyakan nggak mau irit. Ada aja alesannya, entah yang kepengen minum kopi kekinian yang baru, nyobain kafe baru lah, sampe ke hal yang kadang menurutku nggak penting-penting amat, misalnya, "Lagi promo nih." Hal kayak begini ini yang kadang ribet banget. Ada aja alesan untuk nggak ngirit kan jadinya?

Selain itu, prinsip nabung yang sering kali salah ditangkep sama orang-orang adalah nabung nanti waktu ada sisa. Padahal, nabung itu harus disediakan sejak awal. Bukan malah dapet sisa-sisa. Karena kalo nungguin sisa, ya nggak akan ada! :p Bener nggak?


Sekian tips dari aku! Semoga bisa berguna untuk kalian. Kalau misalnya kalian ada pertanyaan atau mau diskusi gimana baiknya bagi uang buat ditabung, bisa kok tinggalin komen atau email ke aku. Aku bakalan bales sebisaku. See you next post!

2 comments:

  1. hahah iya sama, aku juga gitu. nabungnya harus di awal, kalo engga ya jebol. bahkan tabungan juga harus dibagi-bagi biar ngga berasa "wah tabunganku udah banyak ya".

    lumayan kejam, tapi daripada bodong kan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Thank you for reading.

      Iya bener banget! Makanya aku juga pake ATM yang sengaja dibuat nalangin kalo nggak ada duit, sama ATM yang buat nabung. Itu aja, kalo udah keliatan banyak duit, otak udah gaya pengen ini itu. Makanya sengaja ku isi sedikit aja. Biar nggak kepikiran buat boros. Haha

      Delete

[Product Review] White Lab Cera-mug

Yuk Cobain White Lab Cera-mug Barrier Moisturizing Gel! Hula! Setelah rehat berminggu-minggu, akhirnya aku muncul kembali hehehe...