Sunday, October 11, 2020

[Sharing] Cetak KTP Sekarang Bisa Online Lho


Beberapa waktu lalu, KTPku sempet hilang, dan aku udah senewen banget. Habisnya, pas pandemi gini semuanya kan serba online, dan pasti ribet gitu. Setauku, dulu pas adikku bikin KTP tuh langsung datang ke Siola aja. Antri di sana, dan nunggu sebentar, pasti udah jadi. Dan yang terakhir aku tau, kalo ke Siola sekarang harus pakai nomer antrian, dan datang sesuai antrian tersebut. Duh, jadi bingung dan ribet gitu, apalagi aku udah kerja, nggak bisa ijin sewaktu-waktu juga. Makanya aku cari-cari di google buat nemu solusi yang tepat.

 

Waktu kemarin habis bikin surat kehilangan, dan aku cari info, ketemulah informasi kalau cetak ulang KTP sekarang udah bisa online. Caranya juga menurutku gampang banget sih. Aku bakalan jelasin ke kalian secara singkat aja yak!

  1. DOWNLOAD ATAU AKSES LAYANAN klampid-dispendukcapil.surabaya.go.id
    Ini kalian akses dulu, buka layanan websitenya atau bisa download di aplikasi. Bebas terserah pilih yang mana. Habis itu, nanti kalian masukin nomor KTP kalian, nanti bakalan muncul namanya. Kalau udah bener, nanti kalian buat username dan password.

  2. VERIFIKASI AKUN
    Setelah selesai, dan bisa login, nanti kalian perlu verifikasi akun tersebut, biar kalian bisa akses semua layanan yang tersedia. Verifikasinya nanti kalian cukup foto KTP kalian sama foto bareng KTPnya, kayak verifikasi biasanya gitu. Kalau kasus kalian kayak aku yang KTPnya hilang, kalian bisa foto bareng surat kehilangannya.

    Verifikasi ini biasanya diproses 1x24 jam. Nah kalau nggak terverifikasi, ada baiknya kalian coba lagi dengan ganti username dan juga password. Kemarin aku juga sempet nggak bisa gitu, tapi aku coba telepon besoknya, karena pelaporku kan bukan aku sendiri, takutnya malah disangka itu KTP papaku. Setelah aku telepon, langsung diverifikasi gitu kok. Nggak sampai setengah hari.

  3. UPLOAD DATA DI KTP EL
    Ternyata banyak juga yang bisa dilakukan lewat aplikasi atau websitenya ini loh. Mulai dari mengurus akta perkawinan, akta kelahiran, akta kematian, pemutakhiran biodata, cetak ulang KTP, bahkan kalau kalian mau pindah rumah gitu, kita bisa lewat ini juga loh! Lumayan sih, ini menolong banget buat aku si budak korporat yang nggak bisa ambil cuti dan ijin.

    Karena aku mau cetak ulang KTPku, maka aku pilihnya di KTP El, kalau kalian mau melakukan yang lain, mungkin perlu upload yang lainnya. Untuk upload datanya sendiri, berupa PDF yang nggak lebih dari 200KB. Tapi kemarin aku sempat upload 300an KB tetep bisa kok. Cuma ya jangan besar-besar, kalo nggak ntaran gagal.

  4. TRACK RESI KTP
    Setelah upload data, semuanya akan diproses secepatnya. Aku sih sehari setelahnya langsung udah diproses, dan dapet bukti bahwa KTPku akan diproses. Namanya E-Kitir. Bentuknya barcode dan pernyataan kalau KTP kita lagi proses ulang dicetak.


    Dari situ, kita cukup menunggu aja sih, karena semuanya bakalan bisa kita track lewat aplikasi gitu. Jadi nggak perlu lagi deh kita desak-desakkan atau nunggu lama-lama.
  1. KTP JADI!
    Setelah menunggu sekitar dua mingguan, KTPku udah jadi dan udah bisa diambil di kantor kelurahan yang terdaftar! Tuh, lumayan cepet kan prosesnya? Apalagi kita nggak perlu keluar rumah. Bener-bener online semuanya! Membantu banget, nggak perlu juga itu ada pungutan liar yang kadang terjadi selama proses pembuatan KTP ini.

Jadi sekian cara-cara aku cetak ulang KTP secara online. Tapi ini berlaku untuk di Surabaya aja ya, untuk wilayah lainnya aku kurang tau ya. Semoga membantu kalian semua ;)

No comments:

Post a Comment

[Product Review] White Lab Cera-mug

Yuk Cobain White Lab Cera-mug Barrier Moisturizing Gel! Hula! Setelah rehat berminggu-minggu, akhirnya aku muncul kembali hehehe...