Monday, November 16, 2020

[Sharing] Part of Big Bad Wolf

 


Hula! Aku jadi agak rajin dikit ya? Soalnya aku join di 1 Minggu 1 Cerita. Jadi aku berusaha nih sebisa mungkin untuk ngedraft cerita, apa aja lah, seminggu sekali. Ini tuh harusnya diupload kemarin pas awal bulan Oktober sih. Hehe.. Cuma anaknya kebanyakan magernya, jadi baru diupload sekarang.

 

Setahun lalu, tepat akhir bulan kemarin, aku masuk jadi salah satu crew di acara Big Bad Wolf. Pada tau Big Bad Wolf atau BBW kan? BBW itu semacam pameran buku gitu, buku yang dijual kebanyakan buku import, tapi ada beberapa buku dari penerbit lokal yang juga ikutan, biasanya sih terbitan Mizan, Gagas Media, dan beberapa penerbit lokal lainnya.

 

Untuk jadi crew, kita tetep ada alurnya, kayak kerja pada umumnya gitu. Tetep ada kumpulin CV dan interviewnya gitu. Waktu nunggu pengumuman penerimaannya tuh deg-degan banget, sama kayak waktu terima kerja, dan pas keterima tuh senenggggg banget! Ya ampun, rasanya kerja di BBW tuh apa ya? Kayak happy aja gitu. Soalnya aku beberapa kali pengennya tuh jadi crew di sana, tapi jadwalnya nggak cocok. Pilihannya selalu nabrak sama jadwal kelas, atau jaga malem yang shift 3, dan nggak boleh juga sama orangtua. Makanya happy banget pas tau keterima di sana.

 

Di BBW sendiri, ada beberapa pilihan untuk jadi crew, misalnya, Kasir, Packer –pendamping kasir, Floor—yang jaga di setiap meja, biasanya dibagi persection bukunya, Stationary—bagian penyedia peralatan tulis, Housekeeping—yang ambilin troli kosong dan juga buku yang nggak jadi dibeli, Porter—yang bagian bantu bawa barang belanjaan sampai ke lobby, Storage—yang ngebantuin untuk bongkar kardus, dan ada yang di bagian tengah lobby, tapi aku lupa namanya apa. Hehe..

 

Acara BBW di Surabaya berlangsung sekitar dua minggu, tapi ada lebih dua hari untuk set-up dan wrap up. Waktu itu, aku nggak ikutan set-up di hari pertama sih, soalnya aku ada urusan. Untuk set-upnya sendiri, semua crew yang bertugas, dari section mana pun tetep harus ikutan. Jadi di sinilah kami mulai saling kenalan. Untuk kasir-packer sendiri, ada trainingnya juga. Jadi nggak asal gitu. Menurutku keren banget sih BBW ini, meskipun dia event dua minggu aja, tapi totalitas banget. Nggak setengah-setengah. Diajarin mulai dari pakai mesin kasir, pengoperasian komputer, sampai ke penggunaan mesin EDCnya.

 

Selama event dua minggu ini, happy banget. Bener-bener kerja sambil seneng-seneng. Temen-temennya seru banget. Kalau di kasir lagi lowong, beberapa pasti dirolling ke floor, untuk bantu-bantu di sana, karena floor juga kekurangan orang gitu. Kadang juga ikut bantu di storage, bantu kembaliin buku-buku yang nggak jadi dibeli. Kalau ditanya, capek nggak? Pasti capek. Aku yang biasanya capek masih tetep bisa tidur jam 10 atau 11 malem, ini mentok sampe jam 9 udah tepar. Soalnya, kerjanya berdiri terus. Lumayan nguras tenaga sih.


Sebenernya, kangen banget sama event BBW ini, apalagi, tahun ini kan cuma diadain sekali, kalau nggak salah di Jakarta, itu pun nggak bener-bener full dua minggu, udah keburu korona. Sedih. Tapi BBW tetep ngbuka acara mereka di Tokopedia, cuma ya gitu. Vibenya beda banget kalo pas belanja offline sama online. Kalau pas offline kan bisa sambil lihat-lihat, bukunya apa aja, malah kadang bisa nemu buku yang nggak ada di listnya kita, sementara kalau online, ya nyari seadanya, senemunya. Karena apa yang kita pengen belum tentu ada, dan buku yang direstock random gitu, rebutan itu pasti. Tetep butuh jasa titip.


Semoga corona segera berakhir deh. Kangen banget ikut event-event beginian. Kangen ketemu sama orang baru, kenalan, bercanda kayak udah temenan lama gitu. Dan tentu aja kangen sama acara Big Bad Wolf secara offline!

6 comments:

  1. i miss you BBW, semoga kita segera bisa dimanjakan lagi ya sama BBW :D
    Corona enyahlah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak, thank you for reading this post.

      Iya, kangen banget sama vibenya kan? Jalan-jalan di surganya pembaca buku. Huhu

      Delete
  2. Huaa.. Akuu pengunjung setia BBW Jakarta niih, ehehe.. Untungnya tahun ini sempet ke BBW, karena persiiss banget sebelum PSBB.

    Sekarang BBW nya cuma lewat toped ya, kurang greget gimana gitu ya, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak, thank you for reading this post.

      Iyaa.. cuma via toped aja, Kak, dan jadi lebih banyak pengeluarannya kan? Karena tiap hari check out. Hihi. Soalnya yang dibeli hari ini, atau muncul hari ini belum tentu sama sama besokkannya kan.

      Wahh.. Masih mendingg.. Jakarta emang beruntung banget, sempet ngejalanin sepuluh harian kalo nggak salah ya? Kota lainnya cuma menikmati lewat onlinenya aja. Padahal taun kemarin udah lumayan banget bisa sampai ke Kalimantan.

      Delete
  3. Waaah seru banget jadi crew-nya BBW, aku juga suka banget ke BBW. Tahun ini emang sedih banget sih, cuma via online jadi vibes nya ilang banget ya Mba. Padahal BBW tuh terasa unik aja dan kayak surga banget ngeliat buku dimana-mana...

    Aamiin Mba, semoga corona segera berlalu dan semuanya kembali normal ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak, thank you for reading this post.

      Iya hilang vibenya. Padahal yang dinikmati di BBW, meskipun kadang nggak beli buku, cuma buka jastipan aja tuh ya, jalan-jalannya. Pegang-pegang buku barunya. Aku kira corona bakalan kelar setelah enam bulan gitu, jadi Surabaya kebagian jatah jadi crew lagi. Tapi ternyata udah lewat setahun, coronannya belum hilang.

      Semoga cepet hilang deh, biar semua tetep bisa berjalan normal lagi. Sedih juga kalau ke mana-mana terbatas dan ketakutan begini.

      Delete

[Product Review] White Lab Cera-mug

Yuk Cobain White Lab Cera-mug Barrier Moisturizing Gel! Hula! Setelah rehat berminggu-minggu, akhirnya aku muncul kembali hehehe...